Senin, 17 September 2012

(Catatan Kuliah) Rangkuman Materi Ragam Penyuluhan Kehutanan

well aku bagi rangkuman materi penyuluhan..ini sebenarnya salahsatu tugasku juga.. masih banyak materi tentang penyuluhan..tapi yang aku buat cuma ini..sebagian hak ciptanya orang lain..hahaha....
A. Ragam Materi Penyuluhan
 Materi penyuluhan kehutanan adalah segala pesan mengenai pengelolaan hutan yang ingin dikomunikasikan oleh seorang penyuluh kehutanan terhadap masyarakat atau pesan yang ingin disampaikan dalam proses pembangunan kehutanan.
 Pokok kegiatan penyuluhan kehutanan adalah ilmu dan teknologi. Ilmu bersifat teori sedangkan teknologi bersifat praktis. Contoh kegiatan menyangkut ilmu misalnya member pengetahuan kepada petani tentang informasi perkembangan kehutanan. Kegiatan yang menyangkut teknologi misalnya cara mengerjakan tanah, cara mebuat teras, cara membuat persemaian sederhana, bagaimana cara menanam pohon agar presentase tiumbuhanya tinggi dan bagaimana cara menanggulangi serangan hama.
 Kegagalan dari tujuan penyu;luhan kehutanan dapat disebabkan apabila ide yang disampaikan bertentangan dengan ide dan kepercayaan petani setempat, ide yang disampaikan tidak sesuai dengan tingkat kemampuan dan ide sudah biasa dilaksanakan oleh masyarakat.
 Sifat yang harus dipunyai oleh materi penyuluhan kehutanan antara lain :
1. Diperlukan oleh masyarakat tani kebanyakan
 Harus disesuaikan dengan jwnis kegiatan petani dan kegiatan usaha tani masyarakat setempat.
2. Dapat dilaksanakan
 Sesuai dengan tingkat kemampuan sasaran.
3. Mengena pada perasaan
 Tidak bertentangan terhadap adat, kepercayaan dan pola-pola pemanfaatan hutan nyang biasa dilakukan oleh petani. Materi yang disampaikan bersifat persuasive agar masyarakat tak tersinggung.
4. Memberi dan mengakibatkan keuntungan ekonomis
 Apa yang disampaikan harus mempengaruhi kenaikan taraf hidup keluarga petani.
5. Mengesankan
 Apa yang disampaikan berkesan dihati sehingga merangsang mereka untuk berbuat seperti yang dianjurkan.
6. Mendorong kearah kegiatan
 Materi harus diupayakan sedemikian rupa sehingg sasaran mau memperhatikan, menerima dan melaksanakannya.
7. Materi yang disampaikan dapat berbentuk :
a) Dapat dilihat
b) Dapat didengar
c) Dapat didengar dan dilihat
d) Langsung dipraktekkan
e) Mengetahui materi mana yang paling berpengaruh dalam kegiatan penyuluhan kehutanan. Berikut hasil penelitian ahli tentang daya tangkap nseseorang terhadap proses belajar.
• 20 % melalui pendengaran
• 30 % melalui penglihatan
• 60 % melalui penglihatan dan pendengaran
• 75% melaui peragaan.
 Dalam kegiatan penyuluhan, sering kali pemateri memberikan inovasi-inovasi tertentu. Dalam inovasi terdapat dua pesan yaitu :
1. Pesan Ideologis yaitu konsep yang melandasi perubahan atau pembangunan yang direncanakan demi terwujudnya perbaikan mutu hidup.
2. Pesan informative adalahj segala bentuk informasi dan bergantung pada pesai ideologis. Pesan informative dapat berbbentuk kebijakan pembanguanan, nilai social budaya dan semua informasi yang berkaitan dengan tujuan yang ingin diacapai seperti ide-ide, metode, petunjuk teknis , informasi teknologi baru dan saebagainya. 
Ragam materi penyuluhan kehutanan mencakup :
1. Kebijakan dan peratuaran yang berkaitan dengan pelakasanaan pembangunan kehutanan
2. Hasil penelitian, pengujian, rekomendasi teknis oleh instansi berwenang
3. Pengalaman petani
4. Informasi pasar
5. Petunjuk teknis
6. Informasi tentang kelembagaan dan kemudahan-kemudahan yang berkaitan dengan pembangunana kehutanan
7. Dorongan dan rangsangan untuk terciptanya swakarsa, Swadana dan swadaya masyarakat. 
 B. Ragam Pokok bahasan
Kajian terhadap ragam pokok bahasan  yang diperlukan dalam kegiatan penyuluhan kehutanan  yaitu :
1. Pengetahuan dalam memanfaatkan hutan dan areal disekitar  hutan
2. Pengetahuan tentang ekonomi kehutanan
3. Pengetahuan pengelolaan rumah tangga petani
4. Pelembagaan prtani
5. Politik pembangunan kehutanan
C. Sumber-sumber materi  penyuluhan kehutanan
Sumber-sumber penyuluhan kehutana dapat dikelompokkan menjadi :

1. Sumber resmi dari instansi pemerintah yang berasal dari :
a) Departemen kehutanan dan dinas-dinas yang terkait
b) Lembaga penelitian dan pengembangan
c) Pusat-pusat pengkajian
d) Pusat informasi
e) Pengujian lokal yang dilaksanakan penyuluh
2. Sumber resmi dari lembaga swasta/lembaga swadaya  masyarakat yang bergerak dibidang penelitian, pengkajian dan penyebaran informasi
3. Pengalaman petani
4. Sumber yang dapayt dipercaya misalnya informasi pasar dari pedagang dan  dari perguruan tinggi
Beberapa hal yang harus diperhatikan dari sumber-sumber m ateri  penyuluhan kehutanan tersebut adalah :
1. Materi yang berasal dari lembaga resmi (permeribtah maupoun swasta) sring kali tak sesuai dengan kondisi pengguan meski telah teruji dengan metode ilmiah
2. Materi yang berasal dari pengalaman petani sering kali diragukan keandalannya
3. Materi yang berasal dari sumber lain sering kali tidak jujur.
D. Sifat-Sifat materi Penyuluhan Kehutanan
Ditinjau dari sifatnya, maka sifat-sifat materi penyuluhan kehutanan dapat dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu :
1. Berisi pemecahan masalah yang sedang dihadapi dan akan dihadapi
2. Berisi petunjuk atau rekomendasi yang harus dilaksanakan
3. Materi yang bersifat instrumental

E. Pemilihan Materi Penyuluhan Kehutanan
 Materi penyuluhan yang disampaikan hendaknya harus selalu mengacu  kepada kebutuhan yang telah dirasakan oleh masyarakat sasarannya tetapi untuk prakteknya  sringkali penyuluh menghadapi kesulitan untuk memilih dan menyampaikan materi yang dibutuhkan masyarakat. Ragam materi penyuluhan kehutanan dapat dikelompokkan menjadi :
1. Materi Pokok
2. Materi Penting
3. Materi Penunjang
4. Materi Mubazir

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mantapppp

dewa sylva mengatakan...

mantapppppppp

Poskan Komentar